Golok Singa

September 23, 2008

golok singa

golok singa

Bentuk bilah: salam nunggal

Material bilah: besi per

Bentuk perah:hulu singa

Material perah: tanduk kerbau

Material sarangka: kayu rasamala dan kayu loka

Bentuk simeut meuting: eluk paku

dibuat oleh pandai besi dan maranggi di Ciwidey  Jawa Barat

golok singa bilah

golok singa bilah

37 Responses to “Golok Singa”

  1. iswara dewa said

    ciwidey nya di daerah/desa apa

  2. madyatriip said

    Desa Sukamahi, Kelurahan Panyocokan dan Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung

  3. dundee said

    keren….knapa ga dibikin buku aja bro…

  4. madyatriip said

    thanx bro,
    hmm dibikin buku..
    ada penerbit yg berminat?
    silahkan akan diterima dengan tangan terbuka🙂

  5. Prio said

    Boleh tu Golonya, bisa gak minta contak Person HPnya biar bisa pesen langsung. tanks ya

  6. Willy said

    Di jual kah itu?
    Berapa harga?

    • madya said

      golok singa diatas adalah koleksi pribadi dan ‘custom made’, ongkos pembuatan golok tersebut sekitar tiga ratus ribu rupiah.
      bila saudara tertarik untuk memesan silahkan datang ke sentar pengrajin di desa panyocokan kecamatan ciwidey kabupaten bandung.

    • cahyadi said

      klau mau pesan pegangan nya sama tempatnya gimana..?bisa kasih nomor tlp nya nga..yang buat ini golok..?

      Tks

  7. roni said

    boleh minta telp pengrajin gak,saya banyak yg mau dibikin.thank’s

  8. madya said

    mohon maaf baru sempat balas (lupa password ;))
    -untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi
    pak Eep Surahman
    Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
    Jl Nangkerok, Mekar Laksana
    rt.01/13 ds Panyocokan
    Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
    telp/fax. 022-5927027
    hp. 081320690862

  9. dundee said

    Pak, kalau pak Eep ini sudah menyediakan bahan bilah blm?

    apa harus kita yang bawa?

    dan material2 golok diatas ini bapak yang bawa atau sudah disediakan?

    dan sarung kayunya bikin di pande langsung atau di orang lain?

    Thx…

    • madya said

      Maaf baru bisa menjawab🙂; pada waktu golok2 yg saya posting di blog ini dibuat (2007) bahan bilah telah ada di pak Aep, pandai besi yang membuat bilah. Dengan sangat menyesal, saya tidak memiliki no kontak pak Aep, silahkan akang menghubungi kontak pak Eep di atas.

  10. dundee said

    kalau material perah bapak Eep sendiri kah yg menyediakan?

  11. rullisobari said

    saya tertarik golok ini ,bisa dibeli ga?

  12. madya said

    Maaf kang golok diatas saya pesankan khusus untuk diberikan kepada ayah saya, sekarang milik pribadi beliau dan tidak dijual.

  13. dundee said

    Mas, kalau pak Eep ini sudah menyediakan bahan bilah blm?

    apa harus kita yang bawa?

    dan material2 golok diatas ini bapak sendiri yang bawa atau sudah disediakan dari Pak Eep?

    dan sarangkanya bikin di pande langsung atau di tempat lain?

    Mohon reply.

    Thx…

    • madya said

      Pak Eep adalah maranggi-pengrajin-pembuat gagang dan sarung golok veteran di sana.
      Beliau dapat menyediakan bahan utk bilah maupun gagang dan sarangka, namun anda bisa membawa material sendiri.
      Untuk bilah akan dibuat oleh pandai besi dilingkungan itu juga, mengingat tempat tinggal pak Eep adalah kawasan perngrajin
      yang terdiri dari pandai besi dan maranggi terbaik di Ciwidey.

  14. dundee said

    Bisa minta nomor HP Pak Eep agar saya bisa kontak langsung ke Pak Eep…

    Thx..

  15. bambang sakri said

    kalo pesan golox sperti gamabr di atas boleh ga dad saya harus menghubungqi siap,.maksh

    • madya said

      Untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi
      pak Eep Surahman
      Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
      Jl Nangkerok, Mekar Laksana
      rt.01/13 ds Panyocokan
      Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
      telp/fax. 022-5927027
      hp. 081320690862

  16. Tri said

    Gan,kl pesen 1+kirim k jkt bs ga yach.?? Gagangnya diganti kepala macan warna putih,tp bilahnya tdk tajam (kl mau tajam tinggal diasah) kira2 abs brp duit.??

  17. madya said

    @ Tri said:
    Untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi;
    Jajang Rohimat
    Kp. Sindangrasa RT.02/07
    Desa Sukawening Kec. Ciwidey Kab. Bandung
    km.04 Ciwidey Rawabogo
    /
    pak Eep Surahman
    Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
    Jl Nangkerok, Mekar Laksana
    rt.01/13 ds Panyocokan
    Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
    telp/fax. 022-5927027
    hp. 081320690862

  18. edy said

    goloknya keren bgt smpai gak bs tidurr

  19. waduh….. pengen kali lah goloknya ini, bagusss… banget cumah harganya mahal, mungkin sesuai sama kualitasnya ya…. td baru sy sms kata pak Eep 650 ribu kirim sampe medan….

  20. boy said

    pajang total berapa?
    sampai surabaya berapa?
    minta pateknya 2 bisa?
    sms saya di 0816518574

    • madya said

      Untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi:

      Pak Eep Surahman
      Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
      Jl Nangkerok, Mekar Laksana
      rt.01/13 ds Panyocokan
      Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
      telp/fax. 022-5927027
      hp. 081320690862

  21. faiz said

    salam bro.. saya dr malaysia… masih ada lagi golok yang seperti itu… kalau ada bagai mana saya mahu membelinya… dan berapa kos sekali dengan pos ke malaysia…

    • madya said

      Untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi:

      Pak Eep Surahman
      Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
      Jl Nangkerok, Mekar Laksana
      rt.01/13 ds Panyocokan
      Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
      telp/fax. 022-5927027
      hp. 081320690862

  22. bagus dana said

    kalo beli golok kaya gt,,brpa duit ommmm?????????

    • madya said

      Untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi:

      Pak Eep Surahman
      Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
      Jl Nangkerok, Mekar Laksana
      rt.01/13 ds Panyocokan
      Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
      telp/fax. 022-5927027
      hp. 081320690862

  23. irwan kosasih said

    Bos ane minat tuh golok singa …..kira” brapa harganya ?

    • madya said

      Untuk pemesanan/pembuatan golok silahkan hubungi:

      Pak Eep Surahman
      Pengrajin seni ukir logam & kayu Pusaka Rama
      Jl Nangkerok, Mekar Laksana
      rt.01/13 ds Panyocokan
      Kec. Ciwidey – Kab. Bandung
      telp/fax. 022-5927027
      hp. 081320690862

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: